Sabtu, 24 Mei 2008

Seandainya Bisa Berdiskusi Dengan Prof. Dr. Mahfud MD

Prof. Dr. Mahfud MD, seorang yang telah kaffah di dalam menikmati dinamika politik di Indonesia, tidak tanggung-tanggung berbagai lembaga politik dalam trias politica pernah dirasakannya mulai dari eksekutif (sebagai menteri Pertahanan Keamanan di masa Gus Dur), sebagai legislatif (Anggota DPR RI dari FKB) hingga Yudikatif (Hakim Mahkamah Konstitusi) Luar biasa...
Mengapa luar biasa...karena beliau merintis karir dari seorang akademisi, sebagai seorang ahli hukum bahkan perumus konsep politik hukum Indonesia dengan disertasinya yang cukup terkenal "Politik Hukum di Indonesia) yang memotret pola politik hukum pemerintahan masa Orde lama dan Orde baru.
Ingin rasanya saya meneruskan karya besarnya di bidang studi politik hukum Indonesia dengan melanjutkan studi politik hukum Indonesia masa reformasi khususnya masa SBY. Namun karena keterbatasan data, kapasitas intelektual serta waktu studi saya barangkali saya hanya "mampu" untuk memotret politik hukum masa SBY dari satu studi kasus (case studi) di produk UU politik.

Namun, masih banyak pertanyaan-pertanyaan besar yang ingin sekali saya dialogkan dengan beliau (Prof Dr Mahfud MD) tentang berbagai konsep dan indikator khususnya di dalam merumuskan konfigurasi politik..tentang demokrasi.
Namun, sekali lagi namun..saya tidak punya kesempatan ataupun akses terhadap beliau apalagi sekarang beliau sudah banyak sibuk sebagai hakim MK dan sudah tidak banyak lagi menulis di media (saya termasuk salah satu penggemar tulisan-tulisan dan buku-bukunya)...
Seandainya saya diberi kesempatan berdiskusi dengan beliau, rasanya dahaga pengetahuan ini menjadi lega dan memberikan saya semangat untuk menggarap studi politik hukum masa SBY ini..
Adakah yang bisa membantu saya, barangkali ada yang tahu alamat email beliau, atau kesempatan-kesempatan untuk berdiskusi dengan beliau mungkin dari agenda seminar di Surabaya...
Wah seandainya..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, mau jadi pengamat hukum atau menjadi praktisi hukum. OK deh, sejauh bisa membantu, kenapa tidak. Silahkan isi buku tamu anda ingin diajari apa, ntar kalau bisa aku posting di blog aku.

ghosty1st mengatakan...

waduh dod, berat banget postinganmu. ga kuat aku....:)
gpp lah. jaya terus dodiku ya!!! kamu kul dmn dod?

eh ttg pak mahfud itu. aku ga tahu pak mahfud yang kamu cari itu. apa dr mahfud donatur kita dulu ya!!! atu sapa? tetanggaku juga ada lo yang namanya mahfud, ato teman kulku juga ada. hehehe.

tapi kalo saranku coba cari di google. sapa tahu ada artikel yang memuat beliau dan kasih alamat yang bisa dihub. biasanya sih di koran atau media gitu. nah kamu tanya di koran itu dimana alamat pak mahfud yang bisa dihub. ins Allah bisa kok.

wis pokoke sukses terus buat temanku yang satu ini. aku link kamu ya. kamu juga link aku ya....!!!